• Sam Allardyce

Sam Allardyce Mengundurkan Diri Posisi Pelatih Timnas Inggris

Sam Allardyce mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Inggris setelah hanya memimpin Inggris dalam 1 pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018, seperti yang sudah dikonfirmasi oleh Federasi Sepakbola Inggris (FA).

Pelatih berusia 61 tahun ini harus meninggalkan pekerjaannya setelah hanya 67 hari yang lalu ditunjuk oleh FA sebagai pengganti Roy Hodgson yang dianggap gagal di Euro 2016.

Pelatih Timnas Inggris U21, Gary Southgate ditunjuk sebagai pelatih sementara untuk Timnas senior untuk 4 pertandingan kedepan, dimulai dari pertandingan kualifikasi PIala Dunia lawan Malta dan Slovenia bulan depan.

“FA bisa mengkonfirmasi bahwa Sam Allardyce telah meninggalkan posisinya sebagai pelatih Timnas Inggris.”

Perilaku dari Allardyce seperti yang sudah dilaporkan, tidak pantas sebagai seorang pelatih Timnas Inggris. Dia telah melakukan kesalahan dalam menilai orang lain dan juga sudah meminta maaf, namun karena efek serius yang ditimbulkan maka FA dan Allardyce memutuskan untuk membatalkan kontrak segera.

“Ini bukan keputusan yang bisa diambil dengan cepat dan tidak mudah, tetapi prioritas FA adalah melindungi kepentingan yang lebih besar dari sepakbola Inggris dan mempertahankan standar yang tinggi atas perilaku. Pelatih Timnas Inggris senior adalah sebuah posisi yang harus memberikan teladan yang baik dan menunjukkan respek atas integritas.”

“Gareth Southgate akan mengambil alih Timnas Senior untuk empat pertandingan kedepan melawan Malta, Slovenia, Scotlandia dan Spanyol sementara FA akan mencari pelatih baru.”

“FA mendoakan masa depan yang baik untuk Sam Allardyce.”

Rekaman video yang dikeluarkan oleh Telegraph juga menunjukkan Allardyce yang mengejek Roy Hodgson, dan menyebut Pangeran Harry sebagai seorang anak yang sangat nakal dan menyebut FA hanya memikirkan tentang membuat uang.

Setelah berita ini beredar FA segera meminta fakta penuh kepada Telegraph dan Allardyce menemui petinggi FA Greg Clarke dan Martin Glenn.

“Saya pergi menemuinya dengan pikiran terbuka, untuk seorang pria yang banyak berjasa untuk pengembangan sepakbola Inggris maka dia berhak mendapatkan kesempatan untuk membela diri.”

“Kami telah melihat semua fakta yang kami miliki, kami masih menunggu fakta lain namun kami telah melihat rekaman video yang ditayangkan di televisi.”

“Sam mengakui bahwa berita yang beredar mempengaruhi posisinya sebagai pelatih Timnas Inggris dan kami memutuskan bahwa hal ini tidak dapat diperbaiki.”

2016-09-28T11:18:20+00:00