• Kerusuhan Antar Suporter

POLISI PERANCIS KEMBALI SIAGA HADAPI BENTROKAN SUPORTER

Berita sepakbola terupdate kepolisian Perancis bergerak ke jalan-jalan di kota Lille untuk menjaga ketertiban menyusul kedatangan puluhan ribu suporter Rusia, Inggris, dan Wales menjelang laga Euro berikutnya antar negara-negara tersebut. Pihak berwenang takut jika pertandingan Rusia lawan Slovakia pada hari Rabu nanti yang diikuti dengan pertandingan antara Inggris VS Wales di Lens hari Kamis memicu kerusuhan lain.

Seorang juru bicara kepolisian mengatakan 7 penangkapan telah dilakukan kemarin malam, terutama untuk menghentikan bentrokan antara kedua rival suporter tersebut. Orang-orang yang ditangkap tersebut merupakan warga Rusia 2 orang saat terjadi bentrokan di kafe dengan banyaknya pelemparan botol dan kursi, dan juga 2 orang Ukraina karena membawa senjata terlarang.

Polisi Perancis Siaga

Ketegangan tampak jelas di kafe tempat berkumpulnya dua kelompok bertemu dimana suporter Rusia terlihat melemparkan kursi dan botol ke arah suporter Inggris yang terus-menerus meneriakkan ejekan mereka.

“Jika suporter Inggris cukup berani untuk datang, kami akan menghancurkan mereka, kami benci Inggris,” ungkap seorang suporter Rusia. Akan tetapi suporter Rusia yang lain juga mengatakan “Kami datang kesini untuk mendukung negara kami di pertandingan, bukan untuk konflik.”

“Ada tiga kasus perkelahian antara beberapa kelompok kecil yang terjadi tepat setelah tengah malam hingga jam 1 pagi, tetapi kejadian itu cepat selesai,” ungkap juru bicara kepolisian Perancis.

Kaveh Solkehol seorang reporter menyaksikan sendiri kejadian bentrokan antara suporter Inggris, Rusia, dan Wales di sebuah bar di Place de la Gare, di pusat kota.

“Ada yang minum dan bernyanyi tetapi tidak ada yang diluar kendali, lalu entah darimana beberapa orang suporter Rusia mendekati para suporter Inggris dan mulai terjadi beberapa tingkah mencurigakan.”

“Saya dapat melihat kursi-kursi dilempar, lalu polisi datang, manajer bar ikut berbicara dengan polisi yang akhirnya memborgol beberapa orang tersebut dan membawa mereka pergi.”

Ribuan Polisi Ditugaskan Hadapi Bentrok

Perusuh asal Rusia yang membuat kerusuhan akhir pekan lalu di jalanan kota Marseille terlihat memakai pelindung mulut, sarung tangan, dan membawa pisau. Bentrokan meletus di jalanan kota Marseille pada akhir pekan lalu antara suporter Inggris dan Rusia yang kemudian membuat UEFA memberikan peringatan keras kepada mereka jika masih terus membuat kerusuhan maka Timnas Inggris dan Rusia akan didiskualifikasi dan dikeluarkan dari rangkaian perhelatan Euro 2016 ini.

Kekerasan juga terjadi terjadi di pertandingan pertama kedua tim yang berakhir imbang 1-1. Pihak berwenang Perancis mengatakan 4 ribu aparat polisi dan polisi militer akan ditugaskan di Lille untuk mencegah kejadian yang sama terulang. Sejauh ini sudah ada korban luka sebanyak 35 orang akibat adanya rangkaian bentrokan antar suporter di Euro 2016 ini.

Pihak berwenang Perancis mengatakan bahwa diperkirakan masih akan ada sekitar 40 ribu hingga 50 ribu orang suporter Inggris dan Wales dan 15 ribu dari Rusia yang akan berkumpul di Lille, ada juga suporter Slovakia walaupun tidak sebanyak yang lainnya.

2016-10-20T16:45:42+00:00