• lionel messi

LIONEL MESSI TERLIBAT KASUS PENGGELAPAN PAJAK

Lionel Messi akan mengahadiri sidang di Barcelona pada hari Selasa besok terkait dugaan penggelapan pajak yang dilakukannya sebesar lebih dari 3 juta poundsterling. Berita sepakbola terupdate setelah memenangkan gelar juara La Liga Spanyol dan Copa Del Rey bersama Barcelona, pemenang 5 kali Ballon D’Or ini bersama ayahnya akan manghadapi tuntutan yang dialamatkan padanya sejak Juni 2013.

Persidangan akan berjalan hingga 2 Juni dimana Messi akan bersaksi bersama dengan ayahnya di pengadilan. Pengadilan ini dilakukan hanya selang sebentar sebelum dia bergabung dengan rekan-rekannya di Timnas Argentina untuk gelaran Copa America di Amerika Serikat.

Messi dan ayahnya, Jorge Horacio Messi dituduh menggunakan beberapa perusahaan palsu di Belize dan Uruguay untuk menghindari pembayaran pajak dari pendapatan sebesar 3,2 juta poundsterling yang datang dari penjualan hak citranya sejak 2007 hingga 2009. Berita sepakbola terupdate keduanya sudah membayar sebesar 3,8 juta poundsterling kepada otoritas pajak sebagai pembetulan setelah secara resmi didakwa pada bulan Juni 2013 lalu.

messi 2

Mereka berdua didakwa 3 tuduhan penggelapan pajak. Jaksa Spanyol mengajukan tuntutan hukuman 22,5 bulan penjara untuk Messi dan ayahnya jika mereka terbukti bersalah, ditambah sanksi denda sebesar nilai yang mereka gelapkan. Tetapi seperti kasus yang lain di Spanyol kemungkinan besar kasus ini juga akan ditunda karena dakwaan yang kurang dari 2 tahun.

Di bawah hukum Spanyol seorang terdakwa tidak memiliki kewajiban untuk menghadiri persidangan jika jaksa menuntut hukuman penjara di bawah 2 tahun, yang berarti Messi boleh hanya hadir pada 2 Juni untuk memberikan pembelaan.

Bintang sepakbola Barcelona dan tim pengacaranya sudah menyatakan bahwa ayah dari Messi lah yang menangani semua masalah keuangan sang pemain tanpa memberikan laporan apapun kepadanya, dan Messi tidak menyadari adanya kesalahan.

Ayah dari Messi, Jorge Horacio Messi mengatakan “dia tidak tahu apa-apa tentang masalah ini, dia hanya bermain sepakbola.”

Pendapatan yang menyangkut hak citra Messi diduga disembunyikan termasuk kontrak dengan Banco Sabadell, Danone, Adidas, Pepsi-Cola, Procter & Gamble, dan perusahaan makanan dari Kuwait.

2016-10-20T16:45:48+00:00