• Lionel Messi Penggelapan Pajak

LIONEL MESSI DIHUKUM PENJARA 21 BULAN

Berita sepakbola terupdate Lionel Messi dijatuhi hukuman penjara 21 bulan dan denda 1,7 juta pundsterling. Messi dan ayahnya, Jorge menerima hukuman yang sama, tetapi sesuai peraturan hukum di Spanyol bahwa hukuman penjara dibawah 2 tahun tidak akan langsung dieksekusi, yang berarti belum tentu kapan mereka akan menjalani masa hukuman.

Sebuah pengadilan di Barcelona menyatakan kedua orang tersebut bersalah atas 3 dakwaan penggelapan pajak. Putusan ini masih bisa diajukan banding di Mahkamah Agung Spanyol. Tetapi setelah Jaksa Agung mengeluarkan pernyataan bahwa hukuman terhadap ayah Messi saja cukup beberapa waktu lalu, beberapa pihak terkejut karena Messi juga dijatuhi hukuman.

“Ini sedikit mengejutkan karena Jaksa Agung sudah meminta pengampunan untuk Messi karena keterkaitan Messi hanya persoalan formalitas, dia hanya mengikuti apa yang disuruh oleh ayahnya.”

“Jaksa Agung menginginkan ayah Messi dihukum selama 18 bulan penjara. Ayahnya mengatakan didepan hakim bahwa dialah yang bertanggung jawab atas semua keputusan mengenai pajak dari Messi, dan secara harfiah Messi mengatakan bahwa dia mempercayai ayahnya dan tidak tahu apapun yang dia tandatangani.”

Lionel Messi Pajak

“Itu adalah dasar dari pembelaan Messi dan itulah kenapa pengacaranya memintanya untuk membersihkan semua tanggung jawab sang pemain. Itu adalah sesuatu yang lucunya disetujui oleh Jaksa Agung namun ditolak oleh Hakim.”

Kasus ini disimpulkan pada 3 Juni lalu dan jaksa berpendapat bahwa ayah Messi adalah orang yang paling bertanggung jawab atas penipuan terhadap otoritas pajak di Spanyol yang merugikan negara sebenar hampir 3,2 juta poundsterling selama tahun 2007-2009.

Namun perwakilan dari otoritas pajak mengatakan bahwa penyerang Barcelona tersebut cukup mengetahui tindakan ayahnya dan juga harus bertanggung jawab. Pada akhir sidang bulan lalu mereka mengajukan tuntutan hukuman penjara selama 22 bulan penjara untuk Messi dan ayahnya, sementara jaksa penuntut umum menuntut hukuman penjara selama 18 bulan hanya untuk ayah Messi.

Jaksa pemerintah, Mario Maza berpendapat bahwa Messi dan ayahnya tidak mampu membuktikan bahwa mereka tidak bersalah dan Messi tidak mampu membuktikan bahwa dirinya tidak mengetahui peraturan di Spanyol untuk mengecilkan jumlah pembayaran pajaknya.

“Messi lebih dari tahu daripada apa yang dia katakan di pengadilan,” ungkap Maza.

2016-10-20T16:45:33+00:00