• Legenda Putaran Cruyff-The Cruyff Turn

Legenda The Cruyff Turn dari Almarhum Johan Cruyff

Mengapa Johan Cruyff melegenda? Selain sebagai pelatih yang hebat beliau juga pemain sepakbola yang hebat. Salah satu legenda beliau sebagai pemain sepak bola adalah The Cruyff Turn dari Almarhum Johan Cruyff.

The Cruyff Turn

The Cruyff Turn adalah suatu teknik mendrible bola dengan melakukan putaran 180%. Dimana visualisasinya dapat disimak pada video dibawah. Pada video tersebut terlihat cara beliau memainkan bola ketika masih muda dan saat masih pemain sepakbola. Untuk melakukan gerakan ini, seorang pemain bola biasanya akan berpura-pura menendang bola atau memberikan umpan. Akan tetapi itu hanyalah trik menipu musuh dengan sangat cepat untuk membuat putaran bola sebanyak 180 derajat.

Gerakan ini dipamerkan kepada publik pertama kalinya saat Piala Dunia tahun 1974 saat menghadapi Swedia. Bek Swedia kala itu, Jan Olsson pun tertipu mentah-mentah dan kalah hingga dua langkah. Demikianlah legenda The Cruyff Turn atau dapat diartikan “Putaran Cruyff”itu dimulai. Demikian pula teknik Putaran Cruyff ini pun menjadi standar skill yang masih dipakai oleh banyak pemain bola. Teknik ini memang sangat efektif untuk membebaskan diri dari hadangan lawan.

2016-10-20T16:45:51+00:00