• Pep Guardiola

Guardiola Terinspirasi Oleh Sosok Johan Cruyff

Berita sepakbola Pep Guardiola mengatakan bahwa kesuksesannya sebagai seorang pelatih berkat pendidikan dan ajaran dari seorang Johan Cruyff di Barcelona.

Pelatih Manchester City ini telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pelatih hebat di dunia saat ini setelah memenangkan 21 trofi selama dia melatih Barcelona dan Bayern Munchen.

Guardiola pernah bermain untuk Barcelona dan mengantarkan klub ini menjadi juara Eropa di bawah kepelatihan Johan Cruyff ketika mengalahkan Sampdoria 1-0 di Wembley tahun 1992.

Pelatih berusia 45 tahun ini percaya bahwa pelajaran yang dia ambil dari Cruyff yang di bulan Maret lalu baru saja meninggal dunia karena kanker paru-paru meletakkan pondasi yang kuat untuk dirinya terus berkembang.

Berbicara di acara peluncuran buku otobiografi ‘Johan Cruyff : Giliran Saya’ , Guardiola mengatakan “saya seseorang yang beruntung, saya melatih Manchester City, Bayern Munchen dan Barcelona karena saya berjumpa dengan dirinya.”

“Saya pikir saya mengetahui seluk beluk sepakbola setelah saya mengenal dirinya, seolah lembaran dunia baru terbuka di depan saya.”

“Dia mengajari kami, bukan hanya saya, tetapi generasi pemain pada saat itu, untuk lebih memahami pertandingan, untuk mengerti alasan kenapa kita harus mengambil suatu keputusan.”

“Sepakbola adalah permainan yang sangat rumit, sangat terbuka dan kita harus membuat banyak keputusan. Pengaruhnya kepada orang lain sangat besar.”

“Dia tidak hanya duduk selama sesi latihan, dia ikut bermain bersama kami, bahkan dia lebih baik dari kami. Dia tidak akan memberitahu kami apa yang harus kami lakukan, dia menunjukkannya. Setiap sesi latihan menjadi sangat hidup dan berkelas.”

“Dia memiliki pengetahuan, karisma, kepribadian yang hebat. Semua orang mengenal sepakbola, semua orang, namun tidak banyak orang yang akan anda ikuti jika dia memberitahu anda.”

“Dia adalah pelatih yang paling berani yang pernah saya temui. Dia percaya dengan butterfly effect bahwa umpan yang baik di awal akan menciptakan peluang yang bagus di lini depan.

2016-10-07T11:26:25+00:00