• Gerardo Martino

GERARDO MENGUNDURKAN DIRI DARI PELATIH ARGENTINA

Berita sepakbola terupdate Gerardo Martino telah mengundurkan diri sebagai pelatih Timnas Argentina menyusul hasil mengecewakan di babak final Copa America Centenario dimana mereka kalah dari Chile di babak adu penalti.

Pengunduran diri Martino membuat skuad Timnas Argentina seakan frustasi, setelah sebelumnya kapten Lionel Messi juga mengumumkan pensiun dari Timnas Argentina. Kekacauan ini terjadi hanya satu bulan sebelum digelarnya Olimpiade di Rio Brazil.

Mantan pelatih Barcelona ini mengatakan bahwa dirinya dan segenap jajaran pelatih memutuskan untuk mundur karena adanya perselisihan dengan pihak manajemen Timnas Argentina di Federasi Sepakbola Argentina (AFA) dan kesulitan mereka untuk mengumpulkan para pemain di dalam skuad tepat waktu untuk persiapan Olimpiade.

Pukulan untuk skuad Argentina ini terjadi kurang dari 2 minggu setelah Lionel Messi mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun dari sepakbola internasional menyusul kekalahan dari Chile. Keputusan Messi pun langsung disusul sejumlah penolakan dan bahkan terjadi demonstrasi untuk membujuknya membatalkan keputusan tersebut.

Federasi Sepakbola Argentina mengeluarkan pernyataan bahwa pengunduran diri Martino “karena kurangnya kejelasan atas penunjukkan pemimpin yang baru dan ketidaknyamanan yang serius dalam mengumpulkan skuad untuk mewakili Argentina di Olimpiade.”

Media Argentina juga mengatakan bahwa Martino merasakan frustasi karena pihak klub tidak mau melepaskan para pemainnya yang dipanggil ke Timnas Argentina untuk mengikuti Olimpiade. Pelatih berusia 53 tahun ini memiliki catatan 29 kemenangan, 7 kali imbang dan 3 kekalahan sejak menangani Argentina setelah Piala Dunia 2014 lalu.

Martino membawa Argentina lolos ke babak final Copa America 2015 dan 2016 namun di dua kesempatan tersebut Argentina harus kalah dari Chile di babak adu penalti. Presiden Komite Olimpiade Argentina, Gerardo Werthein mengatakan bahwa saat ini Argentina memiliki kesempatan 50% untuk bisa tampil di cabang sepakbola Olimpiade.

2016-07-06T09:49:58+00:00