• Chris Coleman

CHRIS COLEMAN TAK INGIN LATIH TIMNAS INGGRIS

Berita sepakbola terupdate pelatih Timnas Wales, Chris Coleman menolak spekulasi yang mengatakan bahwa dirinya akan menjadi pelatih Timnas Inggris berikutnya. Mantan pelatih Fulham dan Coventry ini sudah membawa Wales sampai ke semifinal Euro 2016, sementara Inggris kalah dari Islandia di babak 16 besar di bawah arahan pelatih Roy Hodgson.

Coleman sebelumnya baru saja menandatangani kontrak baru bersama Timnas Wales dengan durasi kontrak selama 2 tahun dan akan tetap menjadi pelatih Wales hingga Piala Dunia 2018. Gaji yang diterima Coleman di Wales saat ini diperkirakan sekitar 220 ribu poundsterling per tahun, sangat kecil jika dibandingkan dengan gaji yang didapatkan oleh Roy Hodgson sebagai pelatih Inggris yang mencapai 3,5 juta poundsterling per tahun.

Kepala Eksekutif Martin Glenn mengatakan bahwa FA akan mencari pelatih terbaik yang tidak harus berasal dari Inggris untuk menggantikan Hodgson, tetapi Coleman adalah orang yang bertanggung jawab bisa membawa Wales ke semifinal turnamen besar selama 20 tahun terakhir. Coleman sendiri hanya tertawa saat ditanya kemungkinan dirinya ditunjuk sebagai pelatih Timnas Inggris.

“Itu bukan sesuatu yang mungkin ditawarkan kepada saya, tetapi saya tidak akan menerimanya walaupun diberikan tawaran tersebut,” ungkap Coleman.

“Roy kehilangan pekerjaannya di Inggris, jadi mereka akan mencari lagi sosok pelatih yang memiliki kemampuan dan catatan yang luar biasa.”

“Saya adalah orang Wales sejati, di sepakbola internasional hanya Wales yang akan saya bela, dan hanya Wales sampai kapanpun juga.”

Selain pernah menangani Fulham dan Coventry, Coleman juga pernah merasakan atmosfer sepakbola di Spanyol dan Yunani. Dia pernah menjadi pelatih untuk Real Sociedad dan Larissa, tetapi pengalamannya yang kurang baik di dua klub tersebut nampaknya tidak akan menghalangi masa depannya untuk melatih di luar Inggris lagi suatu saat nanti.

“Saya pikir pekerjaan saya setelah menangani Wales, kapanpun itu, akan melatih di luar negeri,” ungkap Coleman.

“Saya cukup senang jika bisa melatih di luar negeri lagi, karena saya pikir hal terbaik yang bisa saya lakukan adalah melatih sebuah tim yang berlaga di Liga Champions Eropa.”

“Ketika kita berbicara tentang Liga Champions di Liga Premier Inggris, maka kita berbicara tentang klub-klub papan atas, klub besar.”

“Itu bukan sesuatu yang saya pikir cocok dengan saya, jadi kesempatan saya untuk melatih timm yang berlaga di Liga Champions Eropa adalah melatih klub di luar Inggris, itu salah satu ambisi saya. Tetapi untuk melatih negara lain, saya pikir itu bukan hal yang saya pertimbangkan.”

2016-07-04T11:44:07+00:00