• sevilla liga eropa

SEVILLA PERTEGAS DOMINASI KLUB SPANYOL DI EROPA

Sevilla memperpanjang dominasi klub-klub asal Spanyol di kompetisi Eropa dengan keberhasilan mereka menjuarai Liga Eropa untuk ketiga kalinya berturut-turut setelah mengalahkan Liverpool 3-1 di pertandingan final tadi malam. Berita sepakbola terupdate titel juara mereka ini juga berarti klub asal Spanyol menjuarai dua kompetisi tertinggi di benua biru. Seperti diketahui bahwa di final Liga Champions tanggal 28 Mei nanti akan berhadapan all Spain Club Final yang mempertemukan Real Madrid VS Atletico Madrid.

Dari 13 tim terakhir yang menjuarai Liga Eropa, 8 diantaranya merupakan klub yang berasal dari Spanyol, dimana Sevilla menjadi juara sebanyak 5 kali. Sedangkan di Liga Champions selama 8 musim terakhir ada 5 kali klub Spanyol yang menjadi juara. Berita sepakbola terupdate pelatih Sevilla, Unay Emery juga menyusul Giovanni Trapattoni untuk menjadi pelatih yang mampu memenangkan 3 gelar juara Liga Eropa atau Piala UEFA.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp sebelumnya memuji Sevilla yang dianggapnya memiliki pengamat pemain yang lebih baik, perkembangan pelatih dan pemain yang melebihi klub lain di Liga Inggris, Jerman, dan Italia. “Mungkin itu bukan hak kami untuk berkomentar, mungkin pihak lain lebih pas mengatakannya,” ungkap Emery, “saya memiliki teori saya sendiri, mungkin standar persepakbolaan di Spanyol sangat baik, tetapi ini juga menjadi bukti bahwa tim asal Spanyol memiliki tekad dan kemampuan bersaing. Mereka bisa meraih level tertinggi di kancah Eropa dan kami sudah bisa menang lawan tim lain yang lebih baik.”

Tidak seperti Real Madrid dan Barcelona yang memilih pemain-pemain terbaik dunia untuk bergabung ke klub mereka, Sevilla memilih untuk mengembangkan pemain dari yang tadinya biasa saja menjadi pemain berkelas. Sevilla layaknya tim asal Portugal Benfica dan Porto yang berusaha untuk terus berkembang dari tahun ke tahun, meskipun beberapa kali harus menjual pemain bintang yang mereka miliki ke klub lain yang lebih kaya.

Beberapa pemain yang pernah membela Sevilla dan dijual ke klub lain dalam lima tahun terakhir antara lain Carlos Bacca, Ivan Rakitic, Alberto Moreno, Alvaro Negredo, Jesus Navas, Geoffroy Kondogbia, Gary Medel, dan Martin Caceres. Sekarang dengan kemampuan tim mereka mencari pemain baru, regenerasi di dalam tim seakan tidak berhenti.

Klub-klub dari Inggris seringkali menganggap Liga Eropa sebagai pengacau jadwal karena terlalu mepet di akhir pekan, dan lebih mementingkan Liga Champions dengan berusaha finish di posisi empat besar. Sevilla yang harapannya untuk menjuarai La Liga tidak terlalu besar setiap musim, menyadari bahwa dengan menjuarai Liga Eropa mereka bisa terus tampil di Liga Champions Eropa. “Di Sevilla kami mencintai kompetisi ini, ini kompetisi kami dan kami selalu berusaha untuk mengulangi jadi juara,” ungkap Emery.

2016-05-19T16:12:27+00:00