• Vicente Del Bosque

PELATIH SPANYOL, VICENTE DEL BOSQUE MENGUNDURKAN DIRI

Berita sepakbola terupdate Vicente del Bosque telah mengundurkan diri dari posisi pelatih Timnas Spanyol setelah 8 tahun menangani Tim Matador. Pelatih berusia 65 tahun yang membawa Spanyol menjadi juara Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 ini sebelumnya memang sudah diperkirakan akan mundur setelah Spanyol tersingkir dari Euro 2016 karena menelan kekalahan 2-0 dari Timnas Italia di babak 16 besar.

Performa Spanyol yang kurang maksimal di Prancis kali ini seperti melanjutkan apa yang mereka lakukan di Piala Dunia 2014 lalu dimana mereka menjadi negara yang pertama kali tersingkir di babak grup. Del Bosque mengumumkan pengunduran dirinya melalui pesan kepada radio Spanyol pada Kamis malam kemarin.

“Tanpa keraguan, saya tidak lagi memiliki niat untuk bertahan sebagai seorang pelatih, tetapi tetapi saya harus membuat keputusan dengan hati-hati. Tidak peduli apa hasil yang kami dapatkan di Euro, saya tidak ragu akan masa depan saya,” ungkap del Bosque.

Spanyol Kalah dari Italia

Del Bosque menambahkan “pada 31 Juli nanti saya akan meninggalkan sepakbola. Saya akan selalu bersedia membantu, saya akan meninggalkan kursi kepelatihan namun saya akan tetap berusaha sedekat mungkin dan saya ingin semuanya berjalan dengan baik untuk sepakbola Spanyol. Jika saya bisa membantu apapun, saya akan membantu.”

Mantan pelatih Real Madrid ini menggantikan Luis Aragones sebagai pelatih Spanyol, hanya berselang seminggu setelah La Furia Roja mengalahkan Jerman di babak final Euro 2008. Dia membawa Spanyol meraih hasil sempurna di babak kualifikasi Piala Dunia 2010, memenangkan 10 pertandingan babak kualifikasi yang didalamnya ada Bosnia-Herzegovina, Turki, dan Belgia.

Spanyol meneruskan raihan impresif mereka di Afrika Selatan, meskipun kalah di pertandingan pembuka babak grup lawan Swiss, mereka bisa mengakhiri turnamen dengan menjadi juara untuk pertama kalinya dalam sejarah. Del Bosque kembali membawa Spanyol meraih kejayaan ketika meraih gelar juara Euro 2012 setelah di babak final menang telak atas Italia 4-0. Akan tetapi rangkaian penampilan mengecewakan di Piala Dunia 2014 dan Euro 2016 ini membuat del Bosque melepaskan jabatannya sebagai pelatih.

2016-10-20T16:45:40+00:00