• michel platini

MICHEL PLATINI MUNDUR SEBAGAI PRESIDEN UEFA

Michel Platini mundur sebagai Presiden UEFA setelah hukuman larangan berkecimpung di dunia sepakbola selama 6 tahun dikurangi menjadi 4 tahun oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga. Berita bola terupdate Platini awalnya dijatuhi hukuman 8 tahun oleh Komite Disiplin FIFA atas kasus pembayaran yang dilakukan oleh mantan Presiden FIFA Sepp Blater kepada dirinya.

Kedua orang ini mengklaim uang itu adalah pembayaran untuk kerja Platini pada tahun 1998-2002. Hukuman larangan 8 tahun sebelumnya sudah dikurangi menjadi 6 tahun oleh Komite Banding FIFA. Platini sebelumnya berharap lewat Pengadilan Arbitrase Olahraga  dapat menghapus semua dakwaan kepadanya, namun tiga hakim panel di Lausanne mendukung penilaian FIFA bahwa pembayaran tersebut tidak adil dan bernuansa konflik kepentingan. Akan tetapi hakim panel menganggap hukuman 6 tahun terlalu berlebihan dan menguranginya menjadi 4 tahun.

Berita bola terupdate Platini menanggapi hukuman yang dijatuhkan kepadanya sebagai keputusan yang tidak adil dan bersumpah akan melanjutkan pertarungan untuk membersihkan namanya melalui sistem hukum di Swiss. Mantan pemain Timnas Perancis ini tidak akan berhubungan dengan semua bagian sepakbola, baik formal maupun informal di Euro 2016 yang diadakan di kampung halamannya.

Pengacara Platini mengungkapkan bahwa kliennya akan mengundurkan diri sebagai Presiden UEFA dalam beberapa hari kedepan. Pengadilan mengatakan bahwa Platini menerima uang lebih dari 8 tahun sejak hubungan pekerjaan, tidak didasari dengan dokumen pendukung yang menyatakan kontrak pekerjaan tersebut dan tidak berhubungan dengan pembayaran yang diterimanya berkaitan dengan pekerjaan tersebut.

Di dalam penentuan keputusan hukuman, para hakim panel juga mempertimbangkan kelakuan Platini di pengadilan sebagai pertimbangan. Berita bola terupdate kutipan putusan tersebut mengatakan bahwa Platini tidak merasa bersalah dan ini berimbas pada reputasi FIFA. FIFA juga mendapatkan kritikan dari pengadilan karena mengetahui pembayaran yang tidak wajar terjadi empat tahun sebelum akhirnya komite independen melakukan investigasi terbuka. Karena kasus ini, harapan Platini untuk menggantikan Sepp Blater sebagai Presiden FIFA otomatis pupus.

2016-05-10T10:28:22+00:00