• Jurgen Klopp Liverpool

Jurgen Klopp Mainkan Penjaga Gawang Sebagai Gelandang

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp terpaksa memasukan penjaga gawang berusia 18 tahun Shamal George sebagai pemain tengah di babak kedua pertandingan persahabatan lawan Huddersfield Town yang berakhir dengan kemenangan 2-0. Karena semua pemain cadangan Liverpool sudah dimasukkan ke lapangan, Klopp menghadapi dilema di menit 60 ketika Lucas harus ditarik keluar karena mengalami cidera hamstring.

Lucas Leiva yang cidera tidak bisa masuk kembali ke pertandingan dan Klopp mengubah penjaga gawang cadangannya menjadi pemain tengah untuk membantu penyerang Danny Ings. Ketika ditanyai tentang ide siapa untuk memasukkan George, Klopp mengatakan “mereka mengatakan kepada saya dari bangku cadangan setelah kami bermain hanya dengan 10 pemain dan mereka bilang kita punya George, kenapa tidak memainkannya saja.”

Penonton yang berada di stadion pun tampak senang dengan penampilan George, bahkan dia hampir saja mencetak gol andai saja tidak terlebih dulu terperangkap offside. Beberapa menit sebelum akhir pertandingan Liverpool mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran terhadap Ryan Kent di dalam kotak penalti, penonton pun meneriakkan agar George yang mengambil tendangan.

Shaman George

Para penonton agak kecewa karena Albert Moreno yang maju menjadi algojo, namun Klopp menegaskan bahwa rasa hormat terhadap lawannya harus tetap dijaga. “Sangat bagus mendengar para penonton menginginkannya untuk mengambil tendangan tadi, namun saat posisi masih 1-0, kami tidak seharusnya mengganggap hal itu main-main.”

“Jika kami sudah unggul 4-0 atau 5-0 kita bisa saja melakukan hal itu, namun itu sama saja tidak menghormati lawan bertanding kita.”

Pertandingan tadi malam banyak memperlihatkan kemampuan pemain kepada Klopp, dan mereka menang 2-0 karena gol penalti Moreno, setelah sebelumnya Grujic mencetak gol pembuka.

“Pertandingan yang sulit, di babak pertama kami seharusnya mampu mencetak gol lebih banyak,” ungkap Klopp, “kami memiliki beberapa peluang matang dan bisa memainkan kombinasi yang bagus, jadi pertandingan ini sangat baik, tetapi saya kurang senang dengan konsentrasi para pemain di 20 menit awal babak pertama.”

“Saya telah mengatakan kepara para pemain bahwa bukan hal yang buruk jika kita percaya kepada kemampuan yang kita miliki daripada harus bermain secara tim terus menerus, kita harus bisa mengambil keputusan.”

2016-10-20T16:45:26+00:00