• Julen Lopetegui

Julen Lopetegui Pelatih Baru Timnas Spanyol

Berita sepakbola terupdate Spanyol menunjuk Julen Lopetegui sebagai pelatih baru Timnas Spanyol. Mantan pelatih FC Porto ini ditunjuk menggantikan Vicente del Bosque yang mengundurkan diri setelah Spanyol tersingkir dari Euro 2016 karena kalah dari Italia di babak 16 besar.

Del Bosque sebelumnya telah menjadi pelatih Spanyol selama 8 tahun, dia menjadi pelatih paling sukses di dalam sejarah sepakbola Spanyol. Del Bosque mengantarkan Spanyol menjadi juara Piala Dunia 2010 dan menjuarai Euro 2012.

Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) dalam situs resminya menyatakan “RFEF telah menunjuk Julen Lopetegui sebagai pelatih baru Timnas Spanyol.”

Lopetegui adalah mantan pemain Real Madrid dan juga Barcelona, dia bermain sebagai penjaga gawang saat masih aktif bermain sebagai pemain sepakbola profesional. Lopetegui juga memiliki pengalaman melatih beberapa tim muda di beberapa klub Spanyol.

Lopetegui memulai karir kepelatihannya dengan menjadi asisten di Timnas Spanyol U17 sebelum menjalankan tugas singkatnya bersama dengan Rayo Vallecano dan Real Madrid Castilla. Pada tahun 2010 dia menjadi pelatih Timnas Spanyol U19 dan mengantarkan tim ini menjuarai Euro 2012.

Vicente del Bosque

Setahun berselang dia melakukan hal yang sama dengan skuad Timnas Spanyol U21 yang menjauarai Euro dengan pemain seperti David De Gea, Thiago Alcantara, dan Alvaro Morata.

Lopetegui meninggalkan Federasi Sepakbola Spanyol pada tahun 2014 untuk menjadi pelatih Porto, mengantarkan klub raksasa Portugal tersebut mencapai babak perempat final Liga Champions Eropa di musim pertamanya. Akan tetapi dia kemudian dipecat pada Januari 2016 setelah Porto hanya berada di posisi ketiga klasemen liga domestik dan tersingkir dari Liga Champions di babak grup.

2016-10-20T16:45:22+00:00