• henry france

HENRY UNGKAPKAN PENTINGNYA EURO UNTUK PERANCIS

Thierry Henry mengungkapkan pentingnya gelaran Euro 2016 nanti untuk Perancis baik di dalam lapangan maupun efeknya di luar lapangan. Berita sepakbola terupdate 18 tahun lalu, Henry menjadi bagian skuad Timnas Perancis yang menjuarai Piala Dunia 1998 yang diselenggarakan di Perancis.

Mantan pemain berusia 38 tahun ini akan menjadi komentator untuk BBC dimana dia akan berusaha menyatukan kembali Perancis, yang 7 bulan lalu diserang ancaman teror yang menewaskan 130 orang dimana Stade de France saat itu juga menjadi target. Berita sepakbola terupdate Henry percaya bahwa dengan sepakbola bisa mempersatukan kembali Perancis yang hingga saat ini dihantui ketegangan antar ras dan kepercayaan. Henry juga meyakini bahwa Deshamps yang dulu menjadi kapten saat mereka menjadi juara dunia akan mampu membawa Perancis kembali berjaya kali ini sebagai pelatih.

thierry henry

Hal penting yang menjadi prioritas di Euro nanti adalah perjalanan turnamen yang lancar dan terlewati dengan damai dan dapat dinikmati oleh ribuan suporter yang berbondong-bondong ke venue pertandingan di kota Lens, Lille, Lyon, Paris, Toulouse, Marseille, Bordeoux, Saint-Etienne, dan Nice. “Orang-orang akan pergi ke stadion dan menyatakan bahwa mereka tidak takut, kami semua akan pergi dengan senang,” ungkap henry, “Apakah kamu mau berhenti atau terus? Ini adalah pilihan kita, jangan membuatnya khusus untuk Paris karena hal yang sama terjadi juga di Belgia dan berbagai belahan dunia.”

Henry mengutip pertandingan persahabatan antara Perancis dan Inggris beberapa hari setelah kejadian teror waktu itu sebagai bentuk kekuatan olahraga.”Reaksi dari suporter Inggris sangat menakjubkan, saya tidak pernah berpikir akan melihat mereka menyanyikan lagu kebangsaan Perancis, itu sangat mengagumkan dan itu adalah hal yang bisa dilakukan dengan sepakbola,” lanjut Henry, “saya tahu terkadang orang-orang berbicara masalah uang dan para pemain tidak peduli hal itu, tetapi kita bisa melihat bagaimana kepedulian orang dengan sepakbola.”

“Kita berdoa tidak akan ada hal buruk yang terjadi di Euro nanti dan perhelatan tersebut selesai dengan sukses,” ungkap Henry. Berbicara tentang sepakbola sendiri, Henry menyatakan optimismenya terhadap Inggris dan Perancis di Euro nanti. Padahal tahun lalu Henry pernah mengatakan bahwa Arsenal tidak akan menjadi juara Liga Premier Inggris jika Olivier Giroud yang menjadi penyerang utama mereka, sekarang dengan absennya Benzema yang dicoret dari Timnas karena tersangkut masalah kriminal, Giroud menjadi pemain kunci skuad asuhan Didier Deschamps.

olivier giroud

Henry mengklarifikasi pernyataannya tersebut dan mengatakan “saya selalu tegas mengatakan bahwa Giroud cukup baik untuk bermain di Timnas Perancis, dia harus menunjukkannya sekarang saat Benzema tidak ada disana.” “Apakah Giroud tipe penyerang dengan kecepatan tinggi atau bisa melewati beberapa pemain sekaligus? Tidak, tetapi dia memiliki kemampuan lainnya, dia sangat baik dalam memanfaatkan peluang.”

“Giroud memiliki sentuhan yang sangat bagus di dalam kotak penalti, dia bisa mencetak gol dengan kaki dan kepalanya. Anthony Martial ataupun Antoine Griezmann akan juga bermanfaat untuk Perancis, seperti Michael Owen dan Emile Heskey di Inggris.”

Mengenai Deschamps yang memiliki mental juara, Henry melihat sosok yang memiliki sentuhan midas. Pelatih berusia 47 tahun itu sudah pernah memenangkan Piala Dunia, Euro 2000, dan 2 gelar juara Liga Champions sebagai pemain serta sudah menjuarai beberapa gelar domestik sebagai pelatih.

2016-10-20T16:45:49+00:00