• Wesley Sneijder Galatasaray

GALATASARAY DI BAN DARI KOMPETISI EROPA

Berita sepakbola terupdate pengadilan arbitrase olahraga (CAS) telah menolak permohonan Galatasaray untuk membatalkan hukuman larangan bermain di kompetisi Eropa selama satu tahun yang dijatuhkan oleh UEFA kepada mereka.

Pada bulan Maret lalu UEFA memberikan hukuman kepada klub raksasa Turki tersebut untuk tidak bisa ikut ke kompetisi antar klub Eropa musim depan karena dianggap melanggar peraturan financial fair play. Galatasaray sebenarnya lolos ke Liga Europa setelah musim lalu menjuarai Piala Turki, tetapi akibat penjatuhan sanksi tersebut dan keputusan CAS untuk menolak permohonan Galatasaray membuat klub ini harus absen di turnamen Eropa musim depan.

Pada tahun 2014 Galatasaray didenda 155 ribu poundsterling oleh UEFA dan meminta pihak klub untu menyelesaikan masalah keuangan khususnya terkait masalah transfer pemain dalam periode 3 tahun sebelumnya. Akhirnya keputusan untuk memberlakukan larangan bermain di Eropa diambil setelah pihak Galatasaray dinilai gagal dalam menyelesaikan permasalahan seperti yang sudah menjadi kesepakatan antara UEFA dan pihak klub sebelumnya.

Markas UEFA

UEFA mendaftarkan masalah ini ke pengadilan yang mengeluarkan putusan pada bulan Juni tahun setelah Galatasaray tidak bisa menyeimbangkan neraca keuangan mereka pada musim 2015/2016 seperti yang sudah dijanjikan. Sebuah pernyataan dari CAS mengatakan bahwa Galatasaray menggugat legalitas dari peraturan lisensi klub dan peraturan tentang keuangannya.

Pernyataan itu juga menambahkan “Gugatan yang diajukan oleh Galatasaray telah ditolak dan keputusan yang diberikan oleh UEFA melalui Badan Kontrol Keuangan Klub sudah dikonfirmasi.”

“Sebagai konsekuensinya, Galatasaray akan tetap dikecualikan dari kepartisipasian mereka dalam kompetisi antar klub UEFA untuk dua musim mendatang (2016/2017 dan 2017/2018).”

“Panel CAS yang bertanggung jawab atas kasus ini telah menolak gugatan dan mengkonfirmasi bahwa peraturan tentang lisensi klub dan keuangan klub telah dijalankan dengan benar oleh UEFA pada kasus ini.”

2016-10-20T16:45:41+00:00