• Gianni Infantino

FIFA Pertimbangkan Piala Dunia 48 Timnas

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) saat ini sedang mempertimbangkan untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia 2018 menjadi 48 tim dan akan membuat keputusan final pada tahun 2017, seperti yang dikonfirmasi oleh Presiden FIFA Gianni Infantino.

Akan tetapi Infantino juga menyarankan agar 16 tim tambahan yang ada nantinya , akan gugur setelah melakukan 1 pertandingan dengan sistem gugur dan sisa tim yang ada akan memainkan babak grup seperti yang sudah dilakukan sebelumnya. Jadi 32 tim akan bertarung di babak grup lalu mengikuti fase knock out seperti sistem yang sudah berjalan hingga sekarang.

Infantino yang berbicara ditengah sebuah even yang diadakan di Universitas Sergio Arboleda, mengatakan bahwa keputusan final akan diambil oleh Dewan FIFA pada bulan Januari tahun depan. Salah seorang juru bicara FIFA mengkonfirmasi bahwa laporan yang beredar ini memang akurat.

“Ada beberapa ide baru untuk menemukan solusi terbaik, kami akan mendiskusikan semuanya pada bulan ini dan kami akan memutuskan semuanya pada tahun 2017,” ungkap Infantino, “semua ide yang ada akan kami tampung dan akan kami pilih untuk melihat yang terbaik di masa depan.”

Infantino mengatakan bahwa sarannya adalah untuk membuat sebuah preliminari sistem gugur yang mengikut sertakan 32 tim di negara yang menjadi tuan rumah. Dari semua tim tersebut 16 tim yang memenangkan pertandingan akan mencapai babak grup. Sementara itu 16 tim lainnya yang diunggulkan akan otomatis menunggu di babak grup.

Infantino sendiri sebelumnya terpilih sebagai Presiden FIFA yang baru menggantikan Sepp Blater pada 26 Februari. Blatter mendapatkan sanksi 6 tahun tidak berkecimpung di dunia sepakbola karena dianggap telah melanggar kode etik. FIFA sendiri saat ini sedang dalam tahap pembenahan di berbagai sektor karena banyaknya skandal dan kasus korupsi yang ada di dalam tubuhnya. Beberapa pejabat dan petinggi FIFA yang terkait pun sudah mendapatkan hukuman.

2016-10-04T10:23:48+00:00