• Antoine Griezmann

ANTOINE GRIEZMANN PAHLAWAN PRANCIS DARI PORTUGAL

Berita sepakbola terupdate pemain bintang Prancis yang menjadi andalan di turnamen Euro 2016 ternyata memiliki hubungan erat dengan Portugal. Berawal di kota Macon yang terletak di wilayah Burgundy selatan, sebuah kota yang memiliki 40 ribu penduduk, disinilah tempat Griezmann kecil mulai mengasah kemampuannya. Mantan pemain Real Sociedad ini juga pernah menimba ilmu di Sporting Macon, sebuah klub komunitas Portugal.

Macon adalah tempat dimana saudara Griezmann, The masih bermain sepakbola, tempat dimana sepakbola Portugal masih kuat dan mengakar disana. Salah satu pengaruh permainan sepakbola Griezmann mungkin ada di dalam diri kakeknya, Amaro Lopez yang pernah bermain sebagai pemain bertahan di Paco de Ferreira, salah satu klub Liga teratas Portugal kala itu.

Amaro berimigrasi ke Prancis bersama dengan istrinya Carolina pada 1957, sebagai bagian perpindahan penduduk besar-besaran karena pemerintahan diktator Antonio de Oliveira Salazar waktu itu. Paman Griezmann, Jose mengingat kembali orang tuanya membantu mengurus dokumen orang-orang yang ingin mencari keamanan di Prancis. Amaro meninggal pada tahun 1992 tetapi usahanya tetap diingat, sebuah turnamen tahunan masih diselenggarakan di Macon.

Griezmann Pogba

Ini adalah sebuah sejarah panjang tentang Antoine Griezmann atau Antoine Griezmann Lopes jika dia memakai nama Portugalnya berawal. Memang menurut pamannya Griezmann sempat mempertimbangkan untuk membela Timnas Portugal kala dia mendapat hukuman dari Federasi Sepakbola Prancis (FFF) karena berada di klub malam saat dirinya masih berusia dibawah 20 tahun pada tahun 2013 lalu.

Sebaliknya pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps bergerak cepat dengan mempromosikan Griezmann ke Timnas senior hanya sebulan setelah hukuman larangannya dicabut. Griezmann akhirnya berhadapan dengan Portugal pada tahun yang sama. “Ini akan sangat spesial karena kakek saya,” ungkap Griezmann, “saya akan berusaha berpikir tentang dirinya saat berada di lapangan nanti, saya tidak tahu cara memberikan penghormatan kepadanya.”

Griezmann menunjukkan rasa hormatnya dengan caranya sendiri di musim panas ini. Pemain yang pernah ditolak oleh Lyon sekali dan Metz dua kali karena posturnya yang dianggap terlalu kecil. Kemampuan teknik yang mengagumkan mereka di Atletico Madrid sekarang memendar ke seluruh Eropa. Paman dari Griezmann beberapa kali mengungkapkan bahwa gaya bermain ponakannya tersebut adalah gaya Portugal.

Meskipun begitu, saat ini adalah Prancis yang membutuhkan tenaga Griezmann, gol di akhir-akhir pertandingan lawan Albania di babak grup dan gol cepat lawan Irlandia, bahkan 2 gol saat melawan Jerman mengantarkan Prancis mencapai babak final.

Pertandingan final nanti akan menjadi kesempatan untuk Griezmann melengkapi ceritanya. Pemain andalan Prancis ini ditugaskan untuk menjebol gawang Portugal yang merupakan negara asal kakeknya. Akan tetapi yang pasti adalah warga di Macon akan melihatnya bermain dengan penuh kebanggaan dan mungkin mengenang masa lalu sang pemain saat masih berada disana.

2016-10-20T16:45:33+00:00